Tips Memilih Point Of Sale

Bagi anda yang berkecimpung dalam bisnis retail, tentunya akan kewalahan jika semua transaksi dicatat secara manual.  Bukan hanya tidak efisiensi dalam waktu saja, namun hal tersebut juga memiliki resiko jika terjadi kesalahan dalam pencatatan transaksi. Karena itu, sangat direkomendasikan untuk bidang bisnis sejenis retail memiliki system Point Of Sale dalam bisnis mereka.

Sistem ini sebenarnya tidak hanya dapat digunakan untuk bisnis retail skala besar saja, bisnis kecil yang masih berskala UMKM pun juga dapat menggunakannya. Adanya POS atau Point Of Sale ini, membuat system penjualan tercatat lengkap dan dapat ditracking dengan mudah. Bukan hanya itu, anda juga bisa memiliki laporan stock barang yang lengkap dan mudah diakses yang mana sangat dibutuhkan bagi kelancaran bisnis. Lalu bagaimana tips memilih point of sale yang tepat untuk usaha anda? Berikut penjelasan yang bisa disampaikan.

Tips Memilih Point Of Sale

Perangkat Pendukung Yang Sesuai

Tips memilih point of sale yang paling harus anda perhatiakn adalah mengenai perangkat pendukung. Pastikan system POS yang anda pilih ini nantinya sesuai dengan kebutuhan bisnis anda, terutama pada perangkat yang digunakan mulai dari hardware hingga software (aplikasi). Perlu anda ingat, jika system POS untuk bisnis skala besar dan untuk bisnis skala kecil tentunya akan berbeda. Karena itu perlu dipertimbangkan kesesuain antara system POS dengan perangkat pendukung yang digunakan.

Kenali Fitur-Fitur Tambahan

Sebelum akan memastikan akan menggunakan system POS pada bisnis anda, maka sebaiknya yang perlu anda pahami terlebih dahulu disini. Fitur apa yang ingin digunakan dan dapat membantu bisnis anda sekarang. Apakah fitur-fitur tersebut sudah tersedia dalam system POS yang anda pilih. Ada bisnis yang membutuhkan fitur tertentu untuk software bisnis yang digunakan, dan ini yang perlu anda pahami dan harus dilakukan riset. Selain itu, anda juga harus mengetahui fitur-fitur manakah yang belum dibutuhkan. Hal ini agar dapat menghemat biaya usaha and ajika anda belum membutuhkan.

Laporan Penjualan Lengkap

Ini juga cukup penting dalam tips memilih Point Of Sale untuk bisnis anda. Pastikan jika system POS yang anda pilih nantinya bisa memberikan laporan secara lengkap. Tidak hanya laporan penjualan harian, namun juga menawarkan laporan mengenai barang lengkap dari produk apa saja yang laris di bisnis anda hingga metode pembayaran pelanggan.

Mudah Untuk Digunakan

Sistem POS yang anda pilih pastinya harus memiliki tampilan yang mudah dimengerti, sehingga nantinya karyawan anda tidak akan kesulitan untuk mengoperasikan POS Sistem tersebut. Jika Sistem POS yang anda pilih tidak mudah untuk digunakan saat menjalankan bisnis, tentu ini akan menyulitkan anda nantinya. Pemilihan Pos system yang mudah digunakan juga dapat mengurangi resiko terjadinya kesalahan maupun human error.

Dukungan Teknis Yang Baik

Ini menjadi salah satu aspek yang cukup penting ketika memilih system POS yang akan digunakan untuk bisnis. Cari tahu bagaimana layanan purna jual dan garansi yang ditawarkan oleh penyedia system POS yang anda pilih.

Berbasis Cloud/Online Pos

Sistem Pos yang memiliki basis Cloud akan sangat memudahkan anda untuk menegcek laporan penjualan di beberapa lokasi outlet yang anda miliki tanpa harus mendatangi outlet tersebut. Tentu saja ini akan memudahkan anda untuk mengelola bisnis anda darimana dan kapan saja.

Itu tadi beberapa tips memilih point of sale yang tepat bagi bisnis anda. Jika anda sedang mencari mesin kasir yang sudah terintegrasi dengan system POS terbaik, perangkat kasir iMin bisa menjawab semua kebutuhan bisnis anda. Dengan teknologi terbaru tentunya akan menjawab segala permasalahan dari kebutuhan bisnis anda.

By Drajad