Tips Memilih Pelatihan Kelas Prakerja agar Cepat Dapat Sertifikat

Sejak dibukanya Program Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 18 dari tanggal 3 Juli hingga bulan Agustus 2021, banyak peserta yang bingung menentukan tempat pelatihannya. Kuota peserta program pelatihan gelombang 18 ini tersedia sebanyak 2,8 juta orang.

Syarat utama peserta yang akan diterima adalah yang sudah berusia lebih dari 18 tahun, korban PHK, dan tidak sedang sekolah atau bekerja.

Karena banyaknya tempat pelatihan, Anda harus lebih selektif dalam memilih yang terpercaya dan berkualitas. Jika Anda mencari yang menyediakan banyak jenis kelas dan mendapatkan sertfikat resmi, Anda bisa mendaftarnya langsung di Pakar.

Ketika Anda ragu dalam memilih tempat pelatihan yang tepat, Anda bisa menggunakan tips memilih pelatihan kelas Prakerja yang dapat sertifikat dan cepat diberikan juga. Berikut tips yang bisa Anda ikuti:

  1. Lakukan Riset di Beberapa Platform Tempat Pelatihan

Jika Anda ketikkan di mesin pencarian tentang “Tempat Pelatihan Prakerja” atau “Kelas Pelatihan Prakerja”, akan muncul banyak tempat atau situs. Setiap tempat memiliki kriteria dan peraturan yang berbeda.

Sayangnya tidak semua tempat bisa memberikan sertifitkatnya dengan cepat kepada semua peserta pelatihan Prakerja. Oleh karena itu Anda harus lebih selektif dalam memilih.  Ada banyak pilihan seperti beli pelatihan di Pintaria, Tokopedia, Pijar Mahir, Pakar, dan lain-lain.

Jika ingin melihat website tempat pelatihan Prakerja tersebut Anda bisa klik link di bawah ini:

  1. Perhatikan Rating dan Bintang atau Penilaian Orang Lain

Saat melihat sebuah platform yang membuka kelas Prakerja tapi Anda masih ragu, Anda bisa melihat skor bintangnya dan review orang lain yang pernah menggunakan platform tersebut.

Testimoni dari orang-orang yang pernah mengikuti kelas tersebut sangatlah penting untuk tolak ukur kualitas kelas tersebut. Apakah sudah sesuai dengan yang didinginkan atau belum? Lihat semua penilaian di platform tersebut, jangan menentukan kualitas dari satu penilaian saja.

Misal pada program beli pelatihan di Pijarmahir terdapat beberapa kelas, kelas bidang fotografi ratingnya bintang 4, sedangkan pada bidang digital marketing ratingnya hanya bintang 1. Maka bukan berarti platform Pijarmahir mempunyai kualitas yang buruk.

  1. Pilih Platform dengan Metode Pembelajaran yang Tepat

Dalam sebuah kelas Pelatihan Prakerja online, memiliki beberapa metode pembelajaran, ada webinar, online voucher, dan metode lainnya.

Misal pada program beli pelatihan di Pintaria bidang Manajemen Keuangan, kelas tersebut menggunakan metode webinar dan Anda tidak cocok dengan metode tersebut, maka carilah kelas lain. pastikan memilih yang tepat agar tidak terjadi kendali saat pembelajaran nantinya.

  1. Cari Platform yang Bersedia Memberikan Sertifikatnya dengan Cepat

Pada beberapa platform biasanya akan menuliskan lama waktu pemberian sertifikat di lamam website resminya. Akan tetapi jika tidak ada, Anda bisa bisa langsung menghungi customer service terkait untuk menanyakannya.

  1. Perhatikan Harganya

Masalah biaya tentu setiap tempat pelatihan memiliki patokan yang berbeda, tergantung  pada kualiatas pembelajarannya, durasi pelatihan, materi yang diberikan dan fasilatas lain yang disediakan. Jadi pastikan Anda mendapatkan harga yang masuk akal.

Jangan sampai tarif yang ditentukan memberatkan Anda, atau tarif sedikit tapi kualitasnya kurang. Anda juga bisa melakukan riset harga di berbagai tempat pelatihan  Prakerja.

  1. Pilihlah Kelas Sesuai Keinginan atau kemampuan

Dan satu hal yang paling penting adalah tidak salah memilih kelas. Jangan sampai Anda yang suka dan ingin meningkatkan skill di bidang Marketing, justru mendaftar untuk kelas Sekretaris. Hal tersebut akan menjadi menghambat saat Anda mengikuti kelas

Beberapa tips di atas semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang ingin mengikuti Pelatihan Prakerja. Jika masih bimbang, Anda bisa kunjungi situs Pakar untuk melihat beberapa referensi tempat pelatihan.

By Drajad