12/05/2021

News Digital

Digital News

Solusi untuk Mengatasi Pipa PVC yang Tersumbat beserta Penjelasannya Lengkap

2 min read

Apakah Anda sedang menghadapi kondisi pipa PVC tersumbat? Atau mungkin keadaan tersebut pernah terjadi. Sebagai solusi atas persoalan tersumbatnya pipa, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan. Penjelasan lengkapnya ada di bawah ini.

  • Memakai Gulungan Plastik dan Tali

Pipa PVC yang tersumbat bisa diatasi cukup memakai gulungan plastik dan tali yang ada di rumah. Caranya, yakni dengan mengaliri pipa dengan air terlebih dahulu. Setelahnya, tunggu beberapa saat. Apabila sudah, maka lanjutkan dengan membuat gulungan dari plastik.

Untuk ukuran dari gulungan, sesuaikan sebagaimana ukuran dari pipa yang tersumbat itu. Kemudian, ikat gulungan dengan tali. Masukkan ke dalam pipa yang tersumbat hingga sampai ke ujungnya. Tarik kembali gulungan jika sudah mencapai ujung.

Manakala ditarik, nantinya kotoran yang menyumbat akan ikut tertarik. Sehingga, penyumbatan dapat teratasi. Dalam hal ini, jangan lupa untuk menggunakan tali yang kuat agar tidak terputus di tengah perjalanan saat ditarik.

  • Menggunakan Soda Api

Beralih dari gulungan plastik dan tali, penyumbatan pipa pun dapat diatasi menggunakan soda api. Pasalnya, di dalam soda api terkandung zat kimia yang bisa menghancurkan kotoran penyumbat pipa. Langkah-langkahnya pun cukup mudah.

Yakni, dimulai dengan menyiapkan air panas guna memicu soda api bereaksi. Sebaiknya, pakai sarung tangan serta masker saat mengaplikasikannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Kemudian, tuangkan soda api serta air panas ke dalam pipa paralon. Tunggu selama 6 jam. Lalu, siram sisa soda tadi hingga kotoran penyumbat juga ikut terkikis.

  • Memanfaatkan Pasir Kasar

Pasir kasar juga dapat menjadi media untuk mengatasi pipa tersumbat. Pertama, yaitu dengan mengaliri pipa dengan air. Setelah itu, masukkan dua genggam pasir ke dalam pipa. Jangan lupa untuk memasukkan pula kompresor dan tutup lubangnya. Atur kompresor hingga bertekanan tinggi. Buka kembali aliran udara dalam pipa. Dapat dipastikan kotoran sudah ikut terangkat. Sehingga, penyumbatan tidak lagi terjadi.

  • Baking Soda dan Cuka dapat Menjadi Alternatif Solusi

Pipa PVC yang mengalami penyumbatan oun dapat diselesaikan menggunakan baking soda juga cuka. Diawali dengan mencampurkan baking soda dengan air panas. Berikutnya, silahkan tutup ujung pipa menggunakan tutup karet atau jenis alternatif tutup pipa lainnya.

Diamkan beberapa menit. Kemudian, buka karet penutup yang sudah dipasangkan tadi. Selanjutnya, masukkan cuka beserta air panas ke dalam pipa. Tunggu beberapa saat dan masukkan air panas lagi. Hal ini dapat menghilangkan kotoran yang menyumbat pipa. Sehingga, tidak lagi tersumbat.

  • Memakai Minuman Bersoda

Berikutnya, bisa pula menggunakan minuman bersoda. Caranya, yakni dengan menuangkan dua botol minuman bersoda ke dalam pipa. Tunggu beberapa menit kemudian agar bereaksi sempurna. Jangan sampai lupa untuk membilasnya agar pipa kembali bersih.

Pembilasan dapat dilakukan melalui air biasa. Setelahnya, nanti kotoran pada pipa ikut hancur bersama air soda yang dituangkan. Dengan begitu, tidak ada lagi penyumbatan yang terjadi. Saluran air pun kembali lancar. Karenanya, tidak akan mengganggu aktivitas saluran air di hunian Anda. Mudah sekali bukan caranya?

Pipa PVC yang terlanjur tersumbat mungkin bisa menghambat saluran air. Ketika hal itu terjadi, fungsi dari pipa menjadi tidak dapat maksimal sebagaimana yang seharusnya. Melalui solusi cara mengatasinya seperti yang telah diuraikan sebelumnya itu, diharapkan Anda tidak lagi kesusahan untuk mengatasi persoalan tersumbatnya pipa.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.