11/05/2021

News Digital

Digital News

Review Realme Buds Air Pro

3 min read

Realme telah memamerkan berbagai produk TWS di Indonesia dan yang terbaru adalah Realme Buds Air Pro.

Dengan semakin banyaknya produk TWS yang tersedia di pasaran, seharusnya Realme Buds Air Pro memiliki nilai tambah seperti sebelumnya. Lalu, di mana Anda bisa melihat Buds Air Pro?

Desain dunia Buds Air Pro umumnya tidak berbeda dengan seri lain di lini ini. Warna putih dengan tekstur mengkilat (ada varian hitam) masih menjadi warna dominan yang menutupi seluruh kelopak dan kuncup.

Ini pertama kalinya ada logo Realme dan lampu indikator untuk mendeteksi kondisi baterai dengan plester di bagian depan. Jika pada area Buds Air sebelumnya lampu indikator berada di belakang lapisan casing, kini lampu tersebut memiliki celah tersendiri yang akan terlihat lebih terang.

Cari info yuk untuk aplikasi yang menghasilkan uang, Anda bisa mendapatkan infonya di gadget story (silahkan bisa klik pada tautan tersebut).

Sementara itu, pengisiannya sendiri mengandalkan port USB-C yang lebih praktis dan mutakhir daripada micro USB. Ada juga sepasang tombol di sisi kanan casing. Menariknya, dunia Buds Air Pro menggunakan engsel metal yang menurut saya ringan saat case dibuka atau ditutup.

Secara umum desain Buds Air pro world ini tidak ada bedanya dengan Buds Air dan Neo, hanya saja dimensinya lebih rata dan lebih lebar karena harus menjaga arus earbud karena lebih besar karena komponen yang sudah terpasang sebelumnya.

Untuk earbud, Realme kali ini memilih desain in-ear yang akan memberikan isolasi udara lebih baik untuk bass yang lebih kuat. Batang dan kuncup kini lebih melingkar sehingga lebih nyaman dipegang.

Selain itu, kedua kuncup itu pas masuk ke dalam daun telinga, dan sulit untuk dilepaskan bahkan ketika saya sangat cepat. Sementara itu, Realme juga menawarkan empat pasang tip yang bisa disesuaikan dengan ukuran liang telinga jika tidak pas.

Kecuali saya memiliki sertifikat IPX4 untuk digunakan untuk olahraga, setiap bud diprediksi memiliki berat hanya 5 gram dan jika digunakan, saya belum pernah mencicipi bobot telinga. Namun, bagian utama foto itu cukup besar sehingga tidak pas dengan telinga yang kecil.

Tentunya tanpa alasan karena Realme telah menginstal Driver 10x Bass Boost untuk menghadirkan bass yang lebih dalam. Ia juga memiliki fitur Bass Boost + bagi mereka yang ingin menendang bass lebih banyak, tetapi audio harus lebih mahal.

Harus diakui, bass superiornya memang lebih kuat dari produk TWS lain dari Realme. Setiap ketukan bas pasti menyenangkan, apalagi saat mendengarkan musik EDM. Namun bukan berarti suara lainnya tenggelam begitu saja.

Vokal dan backing instrument masih bisa terdengar dengan jelas sehingga tidak ada pengurangan pengalaman audio karena bass yang sangat kuat. Jadi, Realme Buds Air sangat cocok untuk mendengarkan ragam musik dari Elektronik, Pop, hingga Klasik.

Keunggulan global dari Buds Air Pro bukan hanya bassnya yang lebih kuat, namun kali ini terdapat Active Noise Cancellation (ANC) yang diklaim mampu mereduksi noise hingga 35db.

Menggunakan teknologi Hybrid Active Noise Cancellation yang mengintegrasikan mikrofon internal dan eksternal, realme Buds Air Pro dapat mengisolasi suara secara efisien dari lingkungan sekitar. Namun ANC yang ditunjukkan masih belum mampu mereduksi kebisingan secara optimal, seperti dari mesin pompa yang sangat bising.

Menariknya, ada juga mode yang memungkinkan adanya transparansi suara, terutama vokal dari orang-orang di sekitar Anda, sehingga bisa terdengar dengan jelas tanpa perlu melepas satu telinga untuk berkata. Dengan fitur ini, saya dapat mendengarkan orang lain yang kurang kaya jika saya pantas untuk dikeluarkan dari earbud.

Kedua mode ini dapat dengan mudah diubah dengan menekan dan menahan earbud selama sekitar dua detik. Namun jika mengambil dua earbud dalam dua detik, ranah Buds Air Pro akan masuk ke Mode Gaming.

Seperti namanya, mode ini untuk tujuan bermain game karena dapat mengurangi latensi hingga 94ms. Alhasil, efek suara dari game tersebut bisa didengar di perhentian minimal sehingga bisa digunakan untuk memainkan game yang membutuhkan kecelakaan tingkat tinggi seperti PUBG Mobile.

Semua kemampuan tersebut didukung oleh chip realme S1 yang dirancang khusus untuk memberikan konsumsi energi yang efisien dengan kemampuan untuk menahan dengan kencang. Konektivitasnya menggunakan Bluetooth 5.0 yang memiliki jangkauan yang cukup baik.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.