Perbedaan Pisang Kepok Kuning dan Putih

 

Tidak ada habis-habisnya jika kita bahas si pisang kepok ini šŸ™‚, selalu ada saja yang bisa kita jadikan pembahasan šŸ¤—.Ā 

Halo sobat semua dimanapun berada , semoga kabar sobat semua dalam keadaan baik dan tetap sehat ya, Amin.Ā 

Btw pada postinganĀ  kali ini, kita akan membahas tentang perbedaan pisang kepok kuning dan pisang kepok putih.

Nah nah, kok ada pisang kepok kuning dan putih ya ?!! Lalu apa sih bedanya ? dari pada bertanya tanpa jawaban mending langsung saja kita simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Perbedaan Pisang Kepok Kuning dan Putih

Pisang Kepok terdiri dari dua jenis, yaitu kepok kuning dan kepok putih. Baik kepok kuning atau putih, keduanya bisa dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

Ukuran Pisang Kepok

Kepok Putih :

Bicara soal ukuran. Untuk pisang kepok putih memiliki ukuran yang lebih kecil,Ā  kulitnya tipis, dan isinya empuk, untuk rasanya cukup terbilang enak.

Kepok Kuning :

Sedangkan untuk pisang kepok kuning memiliki ukuran yang lebih besar dibanding kepok putih. Tekstur kulitnya lebih tebal, dan isinya lebih padat, serta rasanya lebih enak dibanding kepok putih. Untuk kepok kuning ini, umumnya diolah menjadi pisang goreng atau keripik pisang.

Pisang Kepok dari segi manfaat

Meskipun kepok kuning lebih enak dibanding kepok putih, akan tetapi keduanya memiliki manfaat yang sama. di antaranya ;

  1. Mencegah sembelit dan juga diare
  2. Menjaga kesehatan ginjal
  3. Meningkatkan imun tubuh
  4. Menurunkan berat badan
  5. Mencegah anemia
  6. Menyehatkan mata
  7. Mengatasi penyakit maag
  8. Membantu kekuatan tulang
  9. Mengontrol tekanan darah dan gula darah
  10. Membantu mengurangi stress

Kandungan Pisang Kepok

Pisang kepok memiliki berbagai macam kandungan yg bermanfaat bagi kesehatan, di antaranya ;

  1. 1 buah pisang kepok mengandungĀ  nutrisi 11 mg kalsium, 35mg fosfor, 1mg zat besi, 503mg potassium, 260 IU vitamin A, 1 mg niacin, dan 14 mg vitamin C.
  2. Pisang kepok terkandung Khrom yang bersama insulin dan berfungsi masuk ke dalamĀ  metabolisme karbohidrat yang memfasilitasi masuknya glukosa ke dalam sel-sel tubuh. Jika tubuh kekurangan khrom, maka dapat menyebabkan tubuh terjadi gangguan toleransi glukosa. Kandungan Khrom ini, juga berfungsi dalam metabolisme lipid (lemak tubuh).
  3. Pisang kepok kaya serat yang sangat baik untuk sistem pencernaan.

Ciri-ciri dan tingkat kematangan pisang kepok

  • Ciri-ciri dari pisang kepok yang baik adalah, berbentuk padat, besar, dan jika diangkat akan terasa berat.
  • Untuk membuat pisang kepok tahan lama (tidak cepat matang) maka bisa dilakukan dengan cara membungkus dengan plastik dan menyimpan di dalam lemari es.
  • Dari segi warna terdapat dua hal yang bisa kita garisĀ  bawahi. Yakni; Pertama, jikaĀ  pisang matang karena disemprot, makaĀ  warnanya akan terlihat kuning merata dalam satu sisir. Kedua, Namun jika pisang kepok matang di pohon, warna kuningnya terlihat tidak merata (ada yang sebagian kuning, hijau, atau masih kelihatan mentah).

Cara mendapatkan Pisang Kepok dengan Kualitas terbaik

Untuk membeli pisang kepok langsung dari hasil kebun dan dijamin rasanya, caranya cukup mudah. Kita bisa mengakses aplikasi TaniHub (download di google play store) atau membuka websitenya di www.tanihub.com .

Sekadar informasi, TaniHub itu merupakan marketplace terbesar yang menyediakan berbagai macam buah, sayur, dan keperluan sehari-hari lainnya. Jadi tidak perluĀ  khawatir akan kualitasnya.

Nah, jadi seperti itulah perbedaan antara kepok putih dan kuning. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Thank you.