11/05/2021

News Digital

Digital News

Manfaat Buah Srikaya Untuk Mengatasi Sembelit

2 min read
manfaat buah srikaya

Manfaat Buah Srikaya Untuk Mengatasi Sembelit – Siapa sih yang tidak tahu dengan buah srikaya, buah yang memiliki daging yang berwarna putih serta rasa yang manis banyak digemari beberapa karangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Srikaya merupakan buah-buahan tropis yang mudah dijumpai di Indonesia, selain enak dikonsumsi secara langsung srikaya juga kerap dijadikan beberapa olahan seperti isian kue, selai dan beberapa olahan lainya.

Buah satu ini juga diketahui mememili banyak sekali kandungan nutrisi didalamnya, mulai dari vitamin hingga mineral yang diantaranya vitamin B, vitamin C, vitamin E, potassium, zat besi, magnesium, kalium, serat, antioksidan dan kalori.

Jadi jika kamu mengkonsumsi buah satu ini secara teratur maka kamu akan mendapatkan manfaatnya secara langsung.

Manfaat srikaya melacarkan sembelit

Nah salah satu manfaat yang akan kamu dapatkan secara langsung dari mengkonsumsi buah srikaya ialah, mampu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Yap, hal ini bukan tanpa sebab. Buah srikaya tinggi akan kandugan serat dan air, yang mana dapat berguna dalam mengatasi sembelit. Umunya sembelit terjadi akibat adanya pengerasan feses secara berlebihan pada usus.

Selain itu adapun beberapa penyebab lainya ialah kurangya makan buah-buahan dan sayur, kurangnya konsumsi air putih, menahan buang air besar, jarang olah raga serta konsumsi makanan yang tidak sehat.

Baca juga : Buah srikaya nanas melancarkan sembelit

Nah salah satu cara mengatasi sembelit yang paling ampuh ialah perbanyak mengkonsumsi buah-buahan yang tinggi akan kandungan serat serta air, untuk itu kamu bisa mengkonsumsi buah srikaya secara teratur dan rutin.

Fungsi serat pada buah dapat berguna dalam melancarkan pencernaan, mencegah infeksi usus, melindungi dinding usus, mencegah bebagai infeksi pada saluran pencernaan serta memperbaiki pergerakan usus agar menjadi lebih sehat.

Terlepas dari kemampuan serat dalam melancarkan sembelit, dalam jangka panjang sering mengkonsumsi serat buah-buahan dan sayuran dapat mencegah kegemukan, mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, serta mencegah beberapa penyakit berbahaya lainya di kemudian hari.

Akan tetapi perluk kamu ingat bahwa mengkosumsi buah-buahan juga tidak dianjurkan secara terus menerus alias selalu mengkonsumsi buah dan meninggalkan makanan lain, selain itu juga tidak dianjurkan selalu mengkonsumsi buah dan sayuran yang satu jenis melulu.

Baiknya kamu seimbangkan asupan buah-buahan, sayuran dan makanan sehari-hari guna mendapatkan nutrisi lainya dan medapatkan gizi yang seimbang serta masalah sembelit tidak akan terulang kembali.

Nah itulah beberapa manfaat dari buah srikaya untuk menjaga kesehatan usus alias melancarkan pencernaan. Ref : healty99

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.