Novel adalah sastra prosa berupa buku bacaan yang didalamnya berisi cerita fiksi dan penuh imajinasi dari penulis. Novel ini bercerita tentang kehidupan suatu tokoh dan tokoh lainnya yang terdapat di dalamnya. Bagi kalian yang menginginkan untuk menulis novel harus mengetahui juga bagaimana step agar tercetak buku novel kalian.

Buku novel yang ditulis memiliki halaman yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan penulis yang menulisnya. Terdapat buku yang memiliki halaman yang banyak dan ada juga buku yang memiliki halaman yang sedikit. Hal itu menandakan bagaimana sebuah cerita berkembang dan konflik yang dihadapi.

Langkah-langkah agar dapat cetak buku novel

  1. Siapkan file cerita novel

Pastinya jika kalian ingin cetak novel yang bakal laris di pasaran, step pertama yang dilakukan adalah mempersiapkan cerita kalian. Apabila telah selesai kalian dapat menyimpannya di dalam file. Kemudian file tersebut mengalami penyuntingan terlebih dahulu.

Penyuntingan dilakukan agar bacaan di dalam teks tidak terjadi kesalahan, baik kesalahan pada tanda baca, typo tulisan, atau kaliamt yang tidak cocok. Penyuntingan ini dilakukan oleh orang lain dan membutuhkan waktu yang tidak cepat. Ketika telah selesai maka kalian sebagai penulis akan diberitahu.

  1. Dana yang tersedia

Pencetakan sebuah novel membutuhkan dana yang tidak sedikit. dana tersebut digunakan untuk proses percetakan dan penerbitan buku novel. Biaya yang dikerluarkan berdasarkan jumlah cetakan, jenis kertas yang akan digunakan dan banyaknya halaman dalam buku yang kalian tulis.

  1. Design pada sampul buku

Design pada cover buku sangat penting untuk seorang yang akan menerbitkan bukunya. Design ini akan mempengaruhi seorang pembaca ketika pertama kali melihat buku tersebut. Kalian dapat mendesign sendiri cover pada buku atau meminta orang lain yang mendesign. Kalian juga harus memperhatikan font, judul, dan warna.

  1. Mendaftarkan ke ISBN

ISBN merupakan identitas buku yang didaftarkan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Buku yang memiliki nomor ISBN berjumlah 13 digit ini akan lebih dipercaya oleh pembaca karena telah terdaftar. .

  1. Tentukan harga buku

Buku yang akan kalian terbitkan haruslah telah ditetapkan harga buku untuk jualnya. Kalian dapat mensurvei terlebih dahulu buku novel yang ada di pasaran. Dengan begitu sebagai penulis kalian dapat mematok harga yang sesuai dengan setiap buku novel kalian.

Itulah step-step yang harus dilalui sebelum cetak buku novel. Memang rumit tapi jika kalian semangat dan bekerja keras pasti akan terlewati dan membuahkan hasil. Tidak ada suatu hasil yang mengkianati sebuah usaha. Kalian dapat beristirahat sejenak tapi tidak untuk berhenti, semangat!

By doni