25/07/2021

News Digital

Digital News

Kredivo vs BantuSaku, Bunganya Lebih Rendah yang Mana Ya?

3 min read

Kalo dulu, rata-rata jangka waktu pinjaman online adalah 7 sampai 14 hari, sekarang udah cukup banyak fintech pinjaman online cepat cair bayar bulanan. Dua contohnya adalah Kredivo dan BantuSaku yang menyediakan tenor angsuran sampai dengan 6 bulan. Menarik, kan?

Makin ke sini, makin banyak variasi fitur dan layanan yang ditawarkan pinjaman online. Terutama dalam hal limit, bunga, dan tenor. Di mana 3 hal tersebut sangat memengaruhi besaran pinjaman yang harus kita bayarkan. Jadi kalo mau pake aplikasi pinjaman online cepat cair bayar bulanan yang pas di kantong, pilah-pilih dulu ya.

Berhubung ada Kredivo sama BantuSaku nih yang sama-sama udah terdaftar di OJK dan layanannya lumayan mumpuni, yuk kita bahas satu-satu apa sih bedanya dua fintech ini?

Bedanya Fintech Kredivo dan BantuSaku

Pengen punya aplikasi fintech yang multifungsi? Bisa dipake buat cicilan barang, transaksi di e-commerce, sampai pinjaman? Maka Kredivo bisa jadi pilihan terbaik buatmu. Yak, Kredivo pada dasarnya adalah aplikasi kredit instan online yang menyediakan berbagai layanan kredit yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Sementara BantuSaku, merupakan platform pinjaman online atau P2P lending yang layanannya secara spesifik adalah pinjam-meminjam dana tunai.

Bedanya Limit Pinjaman di Kredivo dan BantuSaku

Khusus untuk fitur atau layanan pinjaman tunai di Kredivo, limit pinjaman berlaku mulai dari 500 ribu hingga Rp 30 juta. Angka Rp 30 juta adalah angka maksimal yang bisa didapat jika kita daftar akun Premium Kredivo. Nggak dijamin dapat Rp 30 juta, tapi paling nggak dengan menjadi pengguna Premium, kita berkesempatan dapat limit lebih besar dibanding akun Basic Kredivo. Makanya, saya saranin, kalo kamu daftar Kredivo langsung pilih aja akun Premium yaa.

Di BantuSaku, limit pinjaman berlaku mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 20 juta. Cukup besar dan bersaing sama Kredivo dari sisi limit.

Bedanya Bunga Pinjaman & Tenor di Kredivo dan BantuSaku

Tapi, dari suku bunga, Kredivo mematok suku bunga lebih rendah dibanding BantuSaku. Yaitu 2,6% per bulan dengan tenor 1, 3 atau 6 bulan. Sementara BantuSaku memiliki suku bunga 0,3% per hari atau 9% per bulannya dengan tenor maksimal sampai 6 bulan atau 180 hari.

Misal, kita butuh uang pinjaman Rp 1 juta dan mau tenor 3 bulan (60 hari). Gimana simulasinya dengan Kredivo?

  1. Jumlah pinjaman pokok sebesar Rp 1 juta.
  2. Jumlah biaya admin yang dipotong di awal pinjaman sebesar 6% atau Rp 60 ribu.
  3. Jumlah pinjaman diterima sebesar Rp940.000 (yang masuk ke rekening setelah dipotong biaya admin).
  4. Jumlah angsuran per bulan sebesar Rp359.340 (termasuk bunga 2,6%) selama 3 bulan masa tenor.
  5. Kalau ditotal Rp359.340 x 3 bulan maka pinjaman keseluruhan yang dikembalikan menjadi Rp1.078.020 aja.

Gimana dengan BantuSaku?

  1. Jumlah pinjaman pokok sebesar Rp 1 juta.
  2. Biaya admin sejauh info yang saya cari belum ditemukan.
  3. Bunga 0,3%.
  4. Pinjaman yang harus dibayar adalah Rp1.273.000 (Rp 1 juta x 0,3% x 91 hari).
  5. Pembayaran dengan sistem cicilan dapat dilakukan selama 2x dalam periode jatuh tempo: cicilan pertama di hari ke-14 dan cicilan kedua di hari ke-35.

Dari simulasi di atas, terlihat kan kalo pinjam di Kredivo lebih rendah dari sisi suku bunga dan pengembaliannya?

Bedanya Cara Pengajuan Pinjaman di Kredivo dan BantuSaku

Selain beda syarat dan cara pengajuan pinjaman, Kredivo dan BantuSaku juga memiliki perbedaan ketersediaan layanan nih. Kalo kamu pengguna Android, kamu bisa pake Kredivo atau BantuSaku karena aplikasinya sama-sama tersedia di Google Play Store. Kalo kamu pengguna iOS, opsi kamu terbatas pada Kredivo karena BantuSaku saat ini belum memiliki aplikasi di App Store.

Untuk syarat daftar Kredivo, hanya ada 3, yaitu: (1) Kamu merupakan WNI berusia minimal 18 tahun atau maksimal 60 tahun; (2) Memiliki penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan; (3) Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri.

Untuk syarat daftar BantuSaku, kurang lebih juga ada 3, yaitu: (1) WNI yang berusia 21 sampai 45 tahun; (2) Punya E-KTP yang valid, HP, dan nomor HP yang aktif; (3) Punya slip gaji dan rekening tabungan yang aktif.

Sisanya, kalo udah memenuhi syarat dan download aplikasi, langsung aja daftar sesuai instruksi yang diberikan di masing-masing aplikasi. Biasanya, proses approval pendaftaran di aplikasi fintech nggak memakan waktu lama kok, minimal 1 x 24 jam.

Gimana, tertarik coba?

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.