12/05/2021

News Digital

Digital News

Istilah-Istilah yang Dipakai pada Kardus Box

3 min read

Karton Box banyak di pakai oleh masyarakat umum untuk mempacking barang, makanan, danlainnya. Berikut istilah-istilah yang terkait dengan kardus atau box yang perlu Anda kenali.

Flap

Saat Anda menyaksikan atau memakai kardus box, Anda kemungkinan tidak paham istilah untuk menyebutkan masing-masing sisi dari kardus. Terhitung flap ini, yang jelas akrab tetapi Anda tidak paham namanya.

Flap ialah sisi penutup kardus, yang awalnya disebut pada tipe kardus overlap, full overlap atau kardus standar. Kardus yang baik ialah kardus yang saat dipakai atau dibuat, sisi flapnya, khususnya sisi luar, akan tutup seutuhnya sisi atas kardus tanpa sela yang buka.

Slotter (Slot)

Slots ini sebagai sisi dari kardus box, yakni sisi garis yang menggunting sekalian pisahkan di antara flap atau tutup kardus. Walau sisi ini tidak begitu berarti, tetapi tanpa slots ini, kardus tidak dapat ditutup karena antar flap tidak ada lubang perpotongan.

Creasing

Jika Anda menyaksikan pada tiap kardus atau box apa saja macamnya, Anda akan mendapati garis-garis lipatan yang menghampar di beberapa sisi kardus. Istilah creasing ini diambil dari Bahasa Inggris ‘crease’ yang mempunyai makna lipatan atau melipat.

Dalam kerangka kardus ini yang diartikan dengan creasing ialah sisi dalam kardus yang berupa cengkungan lempeng dan sebagai akan lipatan. Karena ada creasing ini akan menolong mempermudah saat proses melipat.

Tiap creasing ini mempunyai kedalaman yang berbeda pada tiap kardus box. Kedalaman lipatan yang biasanya diketemukan ialah 1/2 dari ketebalan sheet kardus. Ada juga creasing yang dibikin dengan kedalaman seperempat (1/4) dari ketebalan kardus, bahkan juga tiga perempat (3/4) dari ketebalan kardus.

Creasing ini terdiri kembali jadi 3 type creasing yang kerap diketemukan pada kardus. Type creasing pertama ialah poin flat, type creasing ke-2 ialah poin to poin dan type creasing yang paling akhir ialah three poin. Type creasing yang dipakai pada tiap kardus atau box berbeda bergantung mode cetakan kardusnya dan jumlah dinding kardus, apa terhitung singgel wall atau kardus dengan ganda wall.

Substance

Istilah substance ini kerap disalahpahami. Banyak orang salah pengertian mengenai substance beberapa kardus atau box ini karena tidak dapat membandingkan di antara substance dan gramatur. Walau sebenarnya ke-2 nya ialah dua hal yang lain.

Bila menyaksikan dari arti bahasa, substance dapat disimpulkan sebagai bahan atau material. Nach, dalam kerangka kardus atau box, substance terkait dengan detail kardus box, substance merujuk pada bahan pembikin kardus tersebut, yang mencakup tipe kertas yang dipakai dan gramaturnya.

Dalam pemakaian istilah ini dipakai untuk mengatakan info detail kardus. Penulisannya juga telah ditata dan mempunyai standard, yakni dicatat dengan kependekan tipe kertas yang dipakai, dituruti dengan gramatur, yang diawali pada susunan sisi luar, tengah dan susunan sisi dalam, yang dipisah dengan tanda garis miring (/).

Contoh penulisannya misalkan, K150/M125/K125. Dari info detail ini bisa dirinci jika kardus yang diartikan terbagi dalam susunan luar kertas Kraft 150 gsm, susunan tengah ialah kertas media 125gsm dan susunan dalam ialah kertas Kraft 125gsm.

Sementara gramatur sendiri ialah istilah yang wajar dipakai pada industri kertas yang memperlihatkan jumlah gr setiap mtr. persegi. Maka saat satu mtr. persegi kertas, sesudah ditimbang beratnya ialah 150gram, karena itu gramatur kertas itu ialah 150gsm. Gsm ini sendiri sebagai ringkasan dari gr per square mtr.

Jika Anda membutuhkan pertanyaan dan konsultasi perihal pembuatan Karton Box, jangan sungkan untuk menghubungi kami Pabrik Kardus, kami senantiasa membantu anda dan memberikan solusi yang terbaik untuk kebutuhan Packaging Anda, Klik tautan WhatsApp ini untuk berdiskusi dengan kami. WhatsApp 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.