Kumpulan Artikel Tentang Siklus Haid Terbaru - POPBELA.com

Bagi beberapa wanita saat menstruasi hal ini isa mengganggu aktivitas sehari-hari. Banyak sekali wanita yang ingin membuat haidnya lebih cepat datang supaya tidak mengganggu kondisi yang cukup penting.

Salah satu kondisi tersebut biasanya ada acara penting yang harus di datangi, ikut pertandingan renang, hingga menunaikan ibadah umrah atau haji. Cara mempercepat haid yang bisa Anda lakukan ini cukup beragam, diantaranya ada:

  • Menggunakan kontrasepsi hormonal

Alat yang satu ini adalah cara yang paling efektif untuk mengubah siklus menstruasi Anda. alat yang satu ini biasanya digunakan dalam bentuk pil dan juga cincin vagina. Pil kontrasepsi ini terbuat dari gabungan estrogen dan progestin. Jika pil ini di konsumsi selama 21 hari kemudian di hentikan atau di ganti dengan pil placebo, maka dalam 7 hari itu wanita akan menstruasi.

  • Konsumsi vitamin C

Vitamin C ini di percaya bisa meningkatkan kadar estrogen dan bisa menurunkan kadar progesterone dalam tubuh. Hal ini bisa membuat uterus dan juga Rahim berkontraksi dan dinding Rahim akan luruh, maka proses menstruasi juga terjadi. walaupun begitu cara yang satu ini belum bisa dipastikan bisa membuat haid lebih cepat jadi saat melakukan hal ini sebaiknya Anda lebih hati-hati.

  • Olahraga yang teratur

Jika Anda rajin olah raga secara ringan, hal ini bisa membuat otot Anda jadi lebih rileks dan bisa membuat haid Anda jadi lebih cepat. Tapi hal yang satu ini perlu di lakukan penelitian lebih lanjut.

  • Diet dan menjaga berat badan

Berat badan ini sangat mempengaruhi siklus menstruasi, jika berat badan Anda terlalu rendah maka siklus menstruasi Anda ini bisa terganggu. Atau bagi Anda yang gemuk, lemak yang ada di tubuh Anda ini bisa menghambat produksi hormone yang berhubungan dengan menstruasi.  Selalu perhatikan asupan gizi harian Anda.

  • Kurangi aktivitas fisik yang terlalu berat

Bagi wanita yang memiliki aktivitas yang cukup berat biasanya mereka ini mengalami menstruasi yang tidak teratur. Maka dari itu kurangi aktivitas tersebut supaya siklus haid menjadi lebih teratur.

  • Berhubungan seksual

Sebuah aktivitas seksual ternyata bisa jadi salah satu pemicu terjadinya menstruasi, saat terjadi orgasme hal tersebut bisa membuat leher Rahim jadi lebih melebar. Hal tersebut bisa membuat daya tarik untuk darah haid segera turun. Selain itu melakukan hubungan seksual secara teratur juga bisa mengurangi stress.

  • Lakukan relaksasi

Supaya siklus haid Anda jadi lebih cepat Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang bisa merelaksasikan diri Anda misalnya dengan yoga.

  • Kompres hangat di area perut

Cara ini bisa juga Anda laukan, hal ini bisa membuat otot Anda jadi lebih rileks dan membuat stress Anda mereda. Selain itu air panas juga bisa membantu untuk melancarkan aliran darah menuju Rahim.

Konsumsi jahe
Manfaat jahe memang beragam, salah satunya berkaitan dengan menstruasi. Jahe dipercaya dapat memicu kontraksi rahim. Sehingga, tumbuhan yang satu ini disebut berpotensi membantu mempercepat datangnya haid. Meski begitu, belum ada penelitian yang dapat memastikan metode ini.

  • Konsumsi kunyit

Kunyit ini bisa mempengaruhi kadar progesterone dan juga kadar estrogen dalam tubuh, jadi kunyit juga banyak sekali di percaya bisa membantu datangya haid lebih cepat.

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya haid Anda datang lebih cepat, selamat mencoba semoga tips di atas bisa berhasil.

By sartika