11/05/2021

News Digital

Digital News

Cara Jitu untuk Mengajarkan Anak Menabung

3 min read

Mengajari anak Anda untuk dapat melakukan berbagai macam kehidupan merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh orang tua. Berbagai macam hal yang bisa dilakukan akan membuat anak mampu mengatur diri dan mandiri sejak awal. Beberapa aktivitas paling baik dilakukan sejak usia muda, antara lain manajemen keuangan dan memperkenalkan berbagai hal.

Baca juga yuk cara atasi speech delay pada Anak, di situs website generos, silahkan Anda bisa klik pada tautan tersebut.

Memperkenalkan uang kepada anak dan mengajarkan cara menggunakan dan mengelola dengan baik merupakan salah satu upaya orang tua agar patuh pada anak. Dengan cara ini, anak akan mengetahui apa yang bisa dan tidak mungkin untuk dikelola secara finansial. Anak akan lebih bijak dalam mengambil berbagai keputusan dalam pengelolaan keuangan agar dapat mengelolanya dengan baik dan benar.

Salah satu hal yang harus diajarkan pak tua itu adalah bercerita tentang aktivitas ekonom. Tujuan memperkenalkan toko ini adalah agar anak tahu dan sadar akan aktivitas ini sejak awal.

1. Memperkenalkan Uang Sejak Dini kepada Anak

Menghitung adalah salah satu langkah terpenting yang akan diambil seorang anak di usia muda. Ini akan sangat menarik minat anak dalam berbagai hal, termasuk urusan uang. Waktu seperti itu adalah waktu yang tepat untuk mengajar tentang uang. Misalnya, ajari anak Anda tentang nilai uang, bentuk uang, dan bahkan beri tahu mereka tentang fungsinya yang sederhana.

2. Kenalkan Fungsi Uang secara Bertahap

Ini bisa dilakukan saat anak saya besar nanti. Di saat yang sama, minat anak terhadap berbagai hal di sekitarnya juga akan meningkat. Mulailah perkenalkan anak Anda pada berbagai fungsi serta hal-hal sederhana tentang uang. Berikan ringkasan dan contoh mudah untuk melakukan ini.

3. Berikan Pemahaman tentang Kebutuhan, Keinginan, dan Harapan

Dengan memiliki pengetahuan tentang perbedaan antara kebutuhan, keinginan, dan harapannya, anak menjadi lebih bijak dan tahu bagaimana menggunakan uangnya.

4. Kenalkan Anak pada Tujuan Keuangan

Pertama-tama, ini adalah tugas yang sangat mudah. Anda sebagai orang tua berusaha memberi tahu anak-anak tentang apa yang bisa diperoleh dengan sedikit usaha bila disimpan. Dengan tabungan tersebut, anak bisa mendapatkan berbagai hal yang diinginkannya. Selain itu, dengan memperkenalkan dan mengajarkan pentingnya target keuangan tersebut, anak akan memiliki kemampuan untuk mengelola dan membelanjakan uang.

5. Kenalkan Perbedaan antara Menabung dan Belanja

Anak-anak juga akan terpesona oleh berbagai hal setelah mereka mengetahui dan memahaminya, termasuk aktivitas finansial. Beri tahu anak Anda tentang manfaat dan manfaat menabung dan bagaimana uang itu digunakan jika sudah dibelanjakan. Ini akan membuat anak memiliki alasan untuk menabung atau menabung semua uangnya sekaligus.

6. Beri Anak Jatah Uang Bulanan

Membiasakan anak-anak mengelola dan menabung uang mereka sendiri adalah cara yang bagus untuk mengajari anak-anak menjadi mandiri tentang masalah keuangan sejak usia dini. Hal ini juga dapat dilakukan dengan memberikan tunjangan bulanan bagi anak. Dengan jumlah uang yang masuk akal, anak akan belajar mengelola dan menggunakannya sebaik mungkin. Pihaknya pun mengapresiasi ternyata anak-anak bisa menyisihkan uang bulanan untuk ditabung.

7. Bawa Anak ke Bank dan Membuka Rekeningnya Sendiri di Sana

Ini bisa dilakukan saat anak sudah dewasa. Atau setidaknya sekolah. Ajak dan perkenalkan anak tabungan sejak dini untuk memiliki minat menabung dan membuka rekening sendiri di sana. Jika memungkinkan, perkenalkan juga anak Anda dengan berbagai produk perbankan lainnya untuk mengenal dan mengenal berbagai fasilitas perbankan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.