Serupa tapi Tak Sama, Kenali 3 Perbedaan Bisnis dan Wirausaha

Ketika ingin memulai segala sesuatu kita harusnya mencari tahu terlebih dahulu seperti apa hal yang ingin kita jalani, seperti berbisnis misalnya. Kebanyakan orang tidak terlalu memedulikan pengetahuannya untuk memulai berbisnis, alhasil mereka terjebak oleh ketidaktahuan dari apa yang mereka jalani. Memang pengalaman adalah guru yang paling berharga, namun setidaknya kita harus tahu pasti apa yang akan kita jalani. Bicara bisnis sudah banyak sekali orang-orang yang memulainya, maka dari itu kami akan memberikan informasi seputar beberapa kesalahan yangs sering dilakukan dalam memulai usaha. Penasaran seperti apa? Simak berita bisnis dan keuangan sebagai berikut.

1. Memilih usaha yang salah

Ketika kamu ingin memulai suatu udaha, pastikan usaha tersebut adalah yang kamu sukai. Mengapa begitu? Ketika kamu menjalani suatu usaha yang dilakukan setiap hari padahal kamu tidak menyukai hal itu, maka kamu akan merasa tertekan dan jenuh. Maka dari itu kamu harus memulai usaha dengan mengetahui passion, jangan pernah mengikuti tren sebab belum tentu kamu dapat menjadi seperti mereka. Ketika kamu memulai dengan passion, maka kamu akan mudah menjalaninya karena kamu sudah mengetahui bidang yang akan kamu jalani.

2. Kurangnya visi usaha

Kamu memulai usaha dnegan sangat baik ketika kamu memiliki visi untuk usahamu. Tetapi, kebanyakan pemula hanya menyusun visi untuk jangka waktu pendek saja. Hal itu adalah kesalahan yang sangat fatal sebab, kamu tidak pernah tahu masalah apa yang akan kamu hadapi kedepannya, kamu harus tahu apa yang ingin kamu capai, dan tentunya hal itu dilakukan dengan menyusun visi yang jelas agar usaha yang kamu bangun dapat berkembang dan tumbuh dengan baik.

3. Menyepelekan modal

Kesalahan dalam berbisnis yang harus kamu hindari selanjutnya yaitu jangan pernah menyepelekan sumber daya dan modal. Kesalahan umum yang sering terjadi ketika memulai usaha yaitu membuat asumsi yang tidak realistis akan usaha arus kas, dan proyeksi keuangan. Kamu harus memiliki waktu luang untuk dapat memastikan apakah kamu tahu dengan tepat berapa biaya yang kamu butuhkan untuk usaha yang sedang kamu bangun tersebut, termasuk mengetahui modal yang kamu miliki apakah cukup atau tidak. Kamu harus bertanya pada dirimu sendiri apakah kamu bisa membangun bisnis dengan kemampuanmu sendiri? Jikalau tidak bagaimana mengatasinya agar kamu mampu?

4. Malas mempelajari

Malas mempelajari yang kami maksud disini yaitu malas mempelajari bisnis atau usaha orang lain. Ketika kamu sudah merasa angkuh dengan dirimu dan memutuskan untuk tidak mau berbagi ilmu, maka hal itu adalah suatu kesalahan yang fatal. Diluar sana ada banyak sekali pengusaha sukses yang sebelumnya telah mengalami kegagalan berkali-kali, kamu bisa meminta pendapat, bertukar pikira., atau bahkan bertanya-tanya seputar bisnisnya agar kamu tahu hal apa yang harus kamu lakukan jika terjadi hal yang tidak diinginkan dalam bisnismu.

5. Salah manajemen usaha

Ketika kamu memutuskan untuk membangkitkan suatu usaha yang pernah berhasil sebelumnya adalah hal yang baik, tetapi ada suatu hal yang lebih penting yaitu bagaimana mengelolanya. Kamu harus bisa mennguatkan tujuan dan arah yang jelas sebab, sebuah usaha perlu melihat peluang, memastikan keuntungan dan modal memadai, memberikan motivasi pada karyawan, dan kamu enjoy menjalaninya.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar beberapa kesalahan yang harus dihindari ketika memulai suatu usaha. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan, terimakasih.

By sartika