Amankah Lansia Mengemudi? Simak Ulasannya Berikut

Cara Memulai Bisnis Rental Mobil - Jogja Hiace

Amankah lansia mengemudi? Lansia merupakan sekelompok orang lanjut usia yang berada diatas usia 60 tahun. Kelompok usia ini cenderung sudah mengalami penurunan fungsi tubuh dan juga mudah kelelahan. Mengemudi menjadi salah satu kegiatan yang cukup melelahkan dan berat bagi lansia di usianya. Namun, selama lansia sehat jasmani rohani kegiatan mengemudi diperbolehkan dilakukan. Baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan jasa pesan mobil.

Lansia masih diperbolehkan mengemudi saat jasmani dan rohaninya masih sehat. Dimana hal ini merujuk kepada kemampuan lansia mendengar, melihat, bergerak dan menguasai diri. Lansia tidak diperbolehkan mengemudi bila mengalami penurunan pada salah satu kriteria diatas. Meskipun diperbolehkan, lansia disarankan untuk mengemudikan unit kendaraan roda empat dalam rute jauh. Disarankan untuk melakukan perjalanan jauh pesan mobil dengan supir agar perjalanan aman dan nyaman.

Pada usia lanjut, lansia cenderung mudah kelelahan. Sebab itu, pada usianya lansia tidak disarankan untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Lansia disarankan mengemudi jarak dekat saja dan didampingi oleh orang dewasa lainnya. Hal ini dilakukan untuk kenyamanan mengemudi lansia pada usianya tersebut. Terlebih bila menggunakan jasa pesan mobil.

Berikut ini merupakan beberapa tips mengemudi khusus lansia yang aman dan direkomendasikan.

  • Check kondisi kesehatan dan kendaraan. Baik untuk memiliki kesehatan yang baik selama kegiatan mengemudi yang dilakukan. Bila tubuh sehat baik jasmani dan rohani maka tubuh siap untuk mengemudi dengan baik. Begitupun dengan unit kendaraan yang digunakan. Kendaraan yang prima dan tidak mengalami kendala mesin bisa menunjang kegiatan mengemudi dengan baik.
  • Tidak menggunakan ponsel saat mengemudi. Lansia mudah terdistraksi oleh lingkungan sekitarnya. Menggunakan ponsel saat mengemudi tidak disarankan karena bisa menyita perhatian lansia selama mengemudi. Apabila kondisi mengharuskan lansia menggunakan ponsel pastikan mobil sudah terparkir di pinggir jalan untuk memberikan kenyamanan berkendara.
  • Sering menggerakkan bagian tubuh. Terkadang lansia mudah kelelahan dan mudah terasa kaku saat mengemudi. Cara mengatasinya cukup mudah yakni dengan sering menggerakkan tubuh berkala seperti menengokkan kepala ke kanan dan ke kiri bersamaan dengan melihat keadaan sekitar. Selain itu, lansia bisa beristirahat sejenak bila kelelahan mengemudi untuk menjaga kebugaran tubuh.