Sudah tahukan kalian apa itu alat musik Marchingbell ?Akan kita jumpai saat kita menyaksikan pertunjukan drumband maupun marchingband. Ya alat musik ini berbentuk tatanan bilah yang terbuat dari logam baik cor besi maupun alumunium. Alat ini dimainkan dengan cara di pukul menggunakan stick yang terbuat dari plastic mika yang diujung berbentuk bulat sehingga menghasilkan suara melodi yang indah.

Teknik memainkan marchingbell terlihat cukup mudah, akan tetapi sebenarnya perlu latihan yang cukup. Karena pemain harus memukul bilah bilah secara bergantian sesuai dengan not not yang menjadi acuan melodi tertentu dimainkan. Mulai dari dasar menghafal not – not dalam bilah, menentukan ritme pukulan stick, dan menghafal not lagu yang tengah dimainkan.

Biasanya pemain marchingbell akan berkumpul melatih kemampuan mereka secara bersama sama untuk menyelaraskan ritme permainan mereka. Sehingga suara yang dihasilkan memiliki kesatuan yang padu. Mengingat marchingbell termasuk alat yang cukup berat yakni beratnya hampir 5 kg, maka latihan bersama sangat diperlukan untuk menyeimbangkan ritme. Agar tidak terjadi ketertinggalan hanya karena masalah berat marchingbell. Tak jarang performa pemain marchingbell turun karena berat alat ini sudah cukup merepotkan apabila dimainkan sambil berjalan, terlebih saat pawai rute perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Lain hal nya apabila pertunjukan drumband dilakukan on stage atau berhenti di sebuah panggung lapangan. marchingbell bisa dimainkan ditempat dengan menggunakan stand. Dan pemain tidak perlu repot membawa alat yang cukup berat ini.

Dahulu alat music ini berupa ballyra dibawa langsung oleh pemain pada tangan tanpa penyangga. Namun saat ini alat ini dibawa dengan gendongan atau harness untuk memudahkan pemain dalam memainkannya. Meskipun demikian ballyra klasik masih digunakan hingga saat ini, karena ini merupakan selera dari setiap grup drumband itu sendiri. Penggunaan ballyra klasik pada pertunjukan drumband juga bisa menggunakan sling atau tali untuk memudahkan pembawaan ballyra. Jika diperhatikan ballyra klasik ini sering kita jumpai pada pertunjukan drumband yang dimainkan oleh para militer atau akademi militer. Ballyra yang digunakan menggunakan alumunium dengan ukuran yang lebih besara atau jumbo.

Saat ini banyak produsen maupun toko alat drumband yang menawarkan alat music marchingbell. Sehingga dengan mudah kita dapat mendapatkannya. Tak terkecuali jika saat ini anda sedang mencari peralatan music marchingbell maupun ballyra kami menjual marchingbell untuk drumband dan marchingband. Untuk informasi harga drumband dan marchingbell, Silahkan klik disini.

By dernis