main image

Pemakaian sarung dari brand BHS tentu membuat siapa saja merasa nyaman sehingga sarung ini selalu disuka oleh banyak orang. Untuk bisa terus dipakai maka sarung ini haruslah dirawat dengan tepat agar tidak sampai rusak misalnya dengan cara seperti berikut.

  1. Jangan campur dengan kain lainnya

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga dan merawat sarung buatan dari BHS yang dikenal memiliki kualitas tinggi. Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu memisahkannya dari kain lainnya saat Anda baru saja membelinya sehingga kain sarung tidak akan sampai kelunturan kain lainnya.

  1. Balik antara bagian luar dan dalam

Sebelum memakainya mungkin Anda ingin mencuci kain sarung yang sudah dibeli maka lakukan suatu hal pentinga sebelum mencucinya. Baliklah kain hingga bagian luar kain berada di sebelah dalam sedangkan bagian dalam kain berada di sebelah luar.

  1. Jangan merendamnya

Selanjutnya hal yang juga perlu diperhatikan dalam merawat kain sarung milik Anda adalah saat mencucinya. Sebaiknya jangan merendam kain sarung sebab proses perendaman yang dilakukan justru bisa merusaknya.

  1. Cuci dengan air dingin

Penggunaan air untuk mencuci sarung berbahan tenun dari BHS juga haruslah menggunakan air dingin. Tidak hanya suhu air saja namun Anda juga membutuhkan air dingin dalam jumlah yang cukup banyak untuk mencuci sarung tenun BHS milik Anda.

  1. Hindari penggunaan deterjen

Saat mencuci sarung tenun BHS sebaiknya hindarilah penggunaan deterjen jenis apa saja. Sebab pada dasarnya deterjen dapat merusak serat yang ada pada kain sarung tersebut.

Jadi cara tepat untuk mencuci sarung tersebut adalah dengan metode hand wash dan hanya mencelupkan ke dalam air lalu mengangkatnya kembali.

  1. Gunakan sabun yang lembut

Jika memang pada kain sarung Anda terdapat noda membandel yang tak mau hilang maka tetap hindarilah deterjen. Namun sebaiknya gunakan sabun yang lembut untuk menghilangkan noda yang ada pada kain sarung hingga noda tersebut menghilang.

  1. Keringkan dengan benar

Setelah dicuci lalu segeralah memerasnya agar air yang ada pada sarung segera menghilang. Lalu keringkan sarung dengan cara menjemurnya di tempat yang tidak kena paparan matahari secara langsung.

Sama dengan proses pencucian sebaiknya proses pengeringan sarung tidak menggunakan mesin cuci agar serat kain tidak sampai rusak.

  1. Setrika dengan suhu sesuai

Bagi Anda yang terbiasa menyeterika pakaian sebelum disimpan tentunya juga bisa menyeterika sarung tenun BHS. Saat menyeterikanya sebaiknya gunakan suhu yang sedang saja dan tidak terlalu panas agar proses setrika ini tidak sampai merusak kain.

  1. Lipat dengan rapi

Segera setelah menyeterika langsung saja lipat kain sarung tersebut dengan rapi. Proses pelipatan bisa dilakukan seperti biasanya saat Anda melipat kain sarung pada umumnya.

Melipat sarung sebaiknya dilakukan dengan model yang tepat agar motif pada sarung bisa tetap terlihat indah sekalipun kain sarung berada dalam posisi lipatan.

  1. Simpan di tempat yang kering

Hal terakhir yang juga sangat penting dan tentunya perlu diperhatikan adalah proses penyimpanan sarung buatan BHS agar selalu rapi dan bagus. Simpanlah kain sarung ini di tempat yang kering namun tidak bersuhu terlalu lembap.

Berbagai cara di atas tentunya bisa Anda lakukan untuk merawat sarung produksi dari BHS. Tentu sarung kesayangan Anda akan lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

 

By sartika