26/11/2020

News Digital

Digital News

Printer dari Waktu Ke Waktu

3 min read

Karena teknologi menawarkan kelebihan, printer, komputer, dan ponsel juga berguna. Printer sebagai perangkat periferal berkembang seperti perangkat output dan input komputer lainnya. Perkembangan ini didasarkan pada meningkatnya kebutuhan manusia akan dokumen cetak.

Pengembangan printer dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia seperti persyaratan kualitas cetak, kuantitas dan kecepatan cetak. Ukuran yang diharapkan menjadi lebih minim dan cara kerjanya lebih sederhana serta mudah dipahami.

Awal berkembangnya pencetakan

Pencetak mulai mengembangkan teknik pencetakan yang dimulai di Cina pada abad ke-14. Saat itu, pencetakan tinta dan balok berhasil dibuat dan memberikan efek positif. Namun, karena alfabet Tionghoa sangat spesifik, penerapannya pada mesin cukup sulit, yang jarang dilakukan oleh mesin tik dalam alfabet Tionghoa.

Dibandingkan dengan perkembangan di China, hal sebaliknya terjadi di Eropa. Perkembangan produksi dokumen cetak selalu lebih cepat karena harganya yang murah. Ini terjadi sekitar tahun 1450.

Ilmuwan Jerman Johannes Gutenburg adalah orang yang berkontribusi paling besar pada revolusi percetakan. Sebagai seorang pedagang emas dan pengusaha, ia berhasil mengembangkan mesin cetak dan menjadikan printer sebagai penemuan paling berharga sepanjang masa. Dengan pengetahuannya yang luas tentang logam, mudah baginya untuk menguasai tahapan pembuatan setiap bagian dari mesinnya yang rumit.

Teknologi ini juga memulai fungsi dasar pencetakan. Mereka mengatur tata letak setiap huruf agar sejajar dan ditempatkan dengan benar. Anda perlu memastikan bahwa semuanya tertata dengan baik, dalam bentuk yang tahan saat tinta ditransfer ke kertas, dan hasil akhirnya rata. Ini juga menyebabkan pencetakan massal Alkitab pada saat itu.

Berkembangnya Pencetakan

Pada awal 1457-an, percetakan berkembang pesat dan sangat dominan di Jerman. Saat itu terdapat sekitar 1500 mesin cetak di 60 kota di Jerman. Pencetakan juga telah dimulai di negara-negara Eropa lain selain Rusia. Pada 1470 ada mesin cetak di Sana, Venesia, yang diterbitkan sebagai mesin cetak terbaik.

Sejak itu, tekanan di Eropa semakin meningkat. Banyak buku bergambar dicetak dan diproduksi. Proses pencetakan masih sederhana dengan mengukir garis bergambar pada balok kayu dan kemudian mencetak hanya pada satu sisi. Biasanya ini adalah versi Alkitab yang lebih sederhana. Selama periode yang sama, mereka mulai mencetak dan menerbitkan gambar dan teks.

Awal berkembangnya printer

Setelah melalui proses yang panjang dan pencetakan tradisional yang pertama, seorang pria bernama Chester Carlson menemukan sistem pencetakan kering yang disebut Xerox pada tahun 1938. Xerox adalah teknologi yang membuka jalan bagi printer laser, yang sejauh ini merupakan printer yang paling banyak digunakan.

Pencetak laser, yang disebut EARS, dikembangkan dari sistem pencetakan elektronik Xerox 9700. Pada tahun 1977 printer laser xerografik pertama dirilis, yang merupakan turunan dari EARS asli.

Pernahkah Anda bertanya-tanya printer mana yang dipasang dan digunakan pertama kali? Printer pertama yang dipasang di kantor adalah printer IBM 300, yang juga merupakan printer pertama yang menggabungkan teknologi laser dan elektrofotografi. IBM 300 akan dipasang di departemen akuntansi pusat dari pusat data Amerika Utara FW Woolworth di Milwaukee.

Printer ini adalah printer berkecepatan tinggi pertama di dunia dengan 100 tayangan per menit. Selama bertahun-tahun, printer laser telah berkembang karena banyaknya perusahaan besar yang juga membuat printer ini. Printer laser populer karena lebih murah.

Pada tahun 1984, banyak perusahaan mulai membuat printer laser, termasuk HP atau Hewlett-Packard, yang memperkenalkan printer laser produksi mereka seharga $ 3.600. Printer ini memiliki resolusi 300 dpi.

Tak ketinggalan, Apple juga merilis printer laser yang dikembangkan lebih lanjut setahun kemudian. Kemudian, pada tahun 1990, printer laser melihat perubahan dan perkembangan lebih lanjut menjadi lebih baik. Banyak perusahaan membuat printer laser berkualitas tinggi yang terus diperbarui.

Teman-teman juga bisa baca selengkapnya mengenai printer drivers & epson driver pada tautan tersebut, semoga bermanfaat yaa.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.