30/11/2020

News Digital

Digital News

Pengertian, Fungsi & Komponen Harddisk

2 min read

Hard drive juga disebut sebagai hard drive (HDD), hard drive, hard drive atau hard drive. Anda pasti tidak asing dengan nama perangkat ini karena mudah ditemukan di semua jenis perangkat komputasi dan server.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas pengertian hardisk secara menyeluruh, fitur-fitur harddisk, komponen-komponennya, dan cara kerja harddisk.

Pengertian Harddisk

Hard drive adalah perangkat keras komputer yang menyediakan ruang penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan atau membaca data di komputer. Hard disk adalah jenis memori komputer dengan properti penyimpanan non-volatile. Artinya, data dalam jenis penyimpanan ini tidak akan hilang meskipun perangkat telah dimatikan. Berbeda dengan media penyimpanan RAM, dimana data hanya disimpan selama perangkat disuplai dengan daya.

Hard drive pertama kali diperkenalkan pada tahun 1956 oleh IBM, yang menjadi standar penyimpanan untuk penggunaan komputer umum pada tahun 1960-an. Sejauh ini, hard drive mendominasi sebagai perangkat penyimpanan untuk PC dan server.

Pesaing utama perangkat hard drive saat ini adalah perangkat penyimpanan yang disebut solid state drive (SSD), yang menawarkan penyimpanan data atau kecepatan membaca yang lebih cepat, konsumsi daya yang lebih rendah, dan banyak keuntungan lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, lihat posting kami sebelumnya tentang Memahami SSD dan Pro dan Kontranya.

Fungsi Harddisk

Hard drive adalah penyimpanan berkapasitas besar di komputer yang digunakan untuk menyimpan atau membaca data di komputer. Data yang disimpan misalnya sistem operasi Anda (Windows, Linux), perangkat lunak (browser, kantor, dll.) Dan data pribadi Anda (dokumen, foto, lagu, dll.).

Hard drive memiliki kapasitas berbagai ukuran yang dapat menyimpan milyaran byte. Biasanya, semakin besar kapasitas harddisk, semakin cepat pula kecepatannya (putaran per menit). Kecepatan di sini mengacu pada kecepatan dalam satu menit yang dijalankan oleh salah satu komponen hard drive yang dikenal sebagai meja putar.

Setiap harddisk memiliki kecepatan yang berbeda tergantung jenis harddisknya, namun kecepatan yang banyak digunakan saat ini adalah 5.400 rpm.

Komponen pada Hardisk

Hard drive terdiri dari beberapa bagian agar dapat berfungsi dengan baik. Komponennya antara lain:

1. Platter

Platter terbuat dari bahan yang keras seperti aluminium, kaca, atau keramik yang kemudian ditutup dengan bahan magnet yang digunakan untuk menyimpan data di komputer Anda. Disk berkapasitas besar biasanya memiliki lebih dari satu disk yang ditumpuk di tengah spindel.

2. Spindle

Spindel adalah komponen yang menahan platter pada tempatnya saat platter diputar. Selain itu, spindel memiliki motor yang memutar meja putar dengan kecepatan tinggi.

3. Read/write head

Kepala baca / tulis adalah komponen yang dapat digunakan untuk membaca, menulis atau menghapus data pada meja putar. Ada kepala di setiap sisi disk dengan satu sisi menghadap ke atas untuk membaca dan satu sisi menghadap ke bawah untuk menulis. Fungsi kepala baca / tulis dilakukan oleh penggerak lengan.

4. Read/write actuator arm

Lengan aktuator baca / tulis bekerja seperti lengan pemutar musik lawas. Lengan ini digunakan untuk mengatur posisi kepala baca / tulis sesuai dengan posisi data yang akan dituliskan ke dalam pola.

Lagi butuh jasa konsultan it majalengka? Jika iya, bisa kunjungi tautan tersebut ya!.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.