26/11/2020

News Digital

Digital News

Mengenal Perkembangan Bayi dalam Waktu 1 Bulan Pertama

2 min read
Mengenal Perkembangan Bayi dalam Waktu 1 Bulan Pertama

Sebagai orang tua seorang bayi, Anda haruslah mengetahui tahap tumbuh kembang bayi Anda agar bayi tumbuh sesuai dengan proses yang benar dan sesuai. Tumbuh kembang bayi biasanya dipatok dari umur. Umur 1 minggu, 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan hingga 1000 hari.

Lalu apa saja yang terjadi terhadap perkembangan bayi 1 bulan? Bayi umur 1 bulan merupakan tahap paling cepat dalam kehidupan bayi. Kita sebagai orang tua bahkan kadang tidak merasakan perbedaan waktu yang signifikan. Tiba tiba sudah 1 bulan saja.

Artikel berikut ini akan membahas hal hal apa saja yang terjadi terhadap bayi dengan kriteria perkembangan bayi 1 bulan. Mari simak bersama!

  1. Perkembangan fisik

Bayi merupakan makhluk kecil yang dianugerahi kemampuan menakjubkan. Bayi yang lahir tanpa proses operasi seperti sesar akan secara reflek mencari udara untuk bernapas. Ia juga akan mengepalkan tangan, menggengam jari, lalu mencium bau tubuh orang orang yang ada di sekitar mereka. Dengan begitu ia akan bisa membedakan mana bau ibu dan mana bau orang lain. Secara umu, bayi akan meminta susu, menangis, tertidur dan butuh ganti popok.

  1. Perkembangan sensorik

Sensorik mata bayi mulai bekerja ketika bayi telah lahir. Ia langsung bisa menggunakan matanya untuk melihat walau jarak pandangnya hanya 1 meter saja. Oleh karena itu, waktu ini merupakan waktu yang tepat untuk menjalin ikatan emosional dengan bayi. Ibu, ayah dan sang anak.

Sensorik telinga bayi sudah berfungsi sejak usia 28 minggu dalam perut sang ibu. Oleh karena itu, berbicara dengan bayi memang cara yang ampuh untuk menjalin ikatan emosional dengan sang anak.

Sensorik hidung bayi sangatlah rentan terhadap hal baru. Sang bayi dapat dengan mudah membedakan mana bau ibu dengan bau orang lain. Sensorik lidah bayi juga akan merasakan asi sebagai cairan yang manis sehingga bayi menyukainya.

Sensorik kulit bayi merupakan area yang akan membuat bayi senang dan bahagia serta tenang apabila dipijat dan disentuh secara halus oleh siapapun. Otot bayi juga akan terangsang atas aktivitas tersebut.

Reflex bayi merupakan hal istimewa yang bayi miliki untuk terus bertahan hidup. Segera setelah ia lahir, ia akan mencari putting susu sang ibu untuk makan, akan segera menghisap dan menelan asi.

  1. Perkembangan kognitif

Perkembangan bayi dalam hal memproses informasi merupakan perkembangan kognitif. Ia akan secara tidak sadar memperhatikan orang tuanya untuk melihat-lihat. Ia juga akan selalu mendengar dan mengamati hal disekitarnya.

Itu dia 3 jenis perkembangan bayi 1 bulan yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, Anda sudah siap untuk menjadi orang tua yang hebat?

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.