18/01/2021

News Digital

Digital News

Mengenal bahan Afdruk Screen Sablon – Sablon Kaos Jogja Bosindogroup

5 min read
Jasa Sablon Jogja, Jasa Bordir Jogja, Jasa Pembuatan Polo Jogja, Jasa Pembuatan Kemeja Jogja, Konveksi Sablon Jogja, Bosindogroup Sablon

Bahan Afdruk Screen Sablon -Dalam proses sablon kaos tentu adanya cetakan sangatlah diperlukan. lalu apa saja sih jenis obat afdruk sablon dalam pembuatan cetakan sablon? berikut daftar obat sablon yang sering di gunakanan: Selengkapnya terkait jasa sablon kaos di jogja bisa cek di link ini https://www.bosindogroup.com

Bahan Sablon Dalam Membuat Cetakan

1. ULANO

Bahan sensitif sinar Ulano ialah obat afdruk berbentuk pasta yang siap gunakan. Bahan sensitif sinar Ulano dibikin spesial untuk melapisi screen dengan ketahanan tinggi pada dampak gesekan rakel, cuaca dan bahan pencampur tinta baik minyak atau air.Berdasar pemakaiannya, bahan sensitif sinar Ulano dipisah jadi dua sisi yakni:

  • Ulano 133

Bahan ini adalah obat afdruk berbasiskan minyak siap gunakan dan warna kuning, mempunyai ketahanan yang paling kuat dan tidak gampang tergerus oleh bahan cat atau tinta yang campurannya menggunakan bahan minyak seperti M3, M4 Terpin, Bensin atau minyak tanah.

  • Ulano TZ – TZD

Seperti ulano 133, ulano TZ adalah bahan afdruk yang terbaik dibanding dengan bahan sensitif sinar semacam dan spesial dipakai untuk melapisi screen pangkalan air mempunyai ketahanan yang kuat dan tidak gampang tergerus oleh bahan cat/tinta berbasiskan air seperti

tekstil colour, pigmen, printing paste dan seluruh bahan bikin yang memiliki kandungan air.

Ulano TZ dibikin spesial untuk screen dengan cetak kaos sprei, banner, batik dan tipe bahan yang lain. Untuk hasilkan gambar raster lembut sampai kepadatan 80% bisa dibuat secara baik tiada bahan spesial.

2. BAHAN PEKA SUPERXOL

Bahan sensitif superxol ialah bahan yang siap gunakan sebab tidak membutuhkan air panas kembali untuk mencairkan tatapi cukup digabung dengan bahan sensistizer (cairan yang membuat emulsi jadi sensitif pada cahaya utra violet). Dipasarkan dalam botol ukuran ¼ kg dan terdiri dari 2 sisi yakni Emulsion dan sensitizer. Bahan ini dikeluarkan dalam dua peranan yakni:

A. Bahan Sensitif Sinar SUPERXOL 188

Adalah bahan sensitif sinar yang paling efektif berupa pasta dan siap gunakan. Bahan ini baik sekali dipakai untuk cetak dengan tinta pangkalan minyak, dibikin spesial untuk melapisi screen nomor T 120 – T 200 / 200 S.

B. Superxol TX

Adalah bahan sensitif sinar spesial dibikin untuk melapisi screen untuk bikin TEXTILE SCREEN EMULSION bernomor screen T90 – T32.

3. DIEMA

Bahan sensitif sinar diema dibikin spesial untuk melapisi permukaan screen pangkalan minyak dan pangkalan air dengan kualitas yang hampir sama dari ulano atau superxol. Seperti bahan sensitif sinar wujud pasta yang lain diema lengkapi dengan diema pangkalan minyak dan diema tekstile yang ke-2 nya memiliki kekuatan bikin tinggi jika dipakai pada alat screen yang sama manfaatnya. Bahan ini terbagi dalam 2 tipe, yakni:

  1. Diema pangkalan minyak
  2. Diema Textile4. DIASOL

Bahan sensitif sinar ini hampir sama dengan bahan sensitif pasta yang lain terbagi dalam 1 (satu) sisi kombinasi yakni kombinasi di antara:

  • Polyninge Alcohol (berupa bubuk putih lembut) OZ, air 10 –11 OZ.
  • Potassin Bichromate atau Amninocan Bichromate ¼ OZ.

Bahan Obat Untuk Mengahapus Cetakan Sablon

Peranan obat (bahan) penghapus adalah untuk hilangkan gambar yang ada pada screen. Maksudnya adalah untuk menetralisir kembali lagi tirai screen seperti kondisi sebelumnya.

Jenis obat penghapus:

a) SODA API

Wujud soda api ada yang berupa buti – butir kristal keeping, ada juga yang berupa batu. Fungsinya untuk bersihkan / meniadakan bekas–bekas gambar pada screen (alat bikin) supaya screen bisa dipakai kembali lagi. Daya hapus benar-benar kuat, bisa hilangkan bekas–bekas cat khususnya cat–cat yang yang sudah jadi kering di atas tirai screen. Bahan ini gampang bereaksi dengan logam atau semacamnya.

Langkah memproses

  • 10 gr soda api + 40 cc air.
  • Kombinasi itu diproses dalam mangkok plastik.
  • Larutan betul–benar sampai keping–keping soda raib.
  • Pakai sendok plastik untuk memproses.
  • Kombinasi (larutan) ini tersimpan pada lokasi yang aman

b) PREGANT PASTE

Wujud bahan pasta warna kuning gading. Pregnant paste berperan selaku larutan penghapus, memiliki daya hapus tinggi. Pregnant paste sanggup hilangkan bekas–bekas cat /bintik yang ditinggal oleh susunan dhromatine atau chrom gelatine. Noda–noda atau bekas–bekas gambar yang tidak raib oleh larutan soda api, bisa di hilangkan dengan memakai pregnant paste.

Langkah memakai:

  1. Taruh beberapa pregant paste dalam mangkok plastik sama ukuran: Pregant paste + air = 1 : 1 (sendok).
  2. Pakai tangkai kayu yang ujungnya dibalut kain (kapas). Dengan alat ini paste diolaskan pada pemukaan screen. Kerjakan pemolesan dengan rata dalam dan luar.
  3. Bila cuman ada bagian-bagian bintik – bintik pada screen, karena itu di bagian itu saja yang dibalurkan.
  4. Screen didiamkan sepanjang + 30 menit (semakin lama lebih bagus). Arah supaya larutan pregnant bisa menyerap secara baik.
  5. Screen dibikin bersih (dicuci) dengan air hingga bersih. Pencucian bisa ditolong sama air panas.
  6. Pakai kertas untuk menggosok di bagian dalam dan luar sama-sama mendesak. Langkah ini baik sekali, bisa merontokkan sisi yang kotor.

c) REDUCER P.V.C.

Reducer PVC adalah minyak penyampur tinta–tinta PVC yang mempunyai ciri-ciri spesial cepat jadi kering dalam semua keadaan. Dengan ada fakta ini, karena itu Reducer PVC cuman dipakai selaku bahan pembantu meniadakan. Selaku contoh: Saat bersihkan screen (sisa bikin PVC), ada beberapa bagian ketinggalan oleh susunan tinta PVC.

Langkah memakai:

  • Pakai kapas, celupkan pada larutan reducer.
  • Ulaskan di bagian dalam dan luar (wilayah bermotif).
  • Biarkan 5 menit sampai minyak bereaksi
  • Ulang cara barusan dari sisi dalam dan luar.

Seterusnya membersihkan bekas–bekas larutan dengan kapas kering (kertas sisa) dari sisi dalam dan luar sama-sama mendesak. Kerjakan berkali-kali sampai sisa – sisa cat raib.

d) SODIUM HYPOCHLORIDE

Adalah cairan warna bening (bukan tipe minyak). Fungsinya untuk meniadakan bekas–bekas gambar yang ditinggal oleh pembangkit Super Emulsion

Langkah memakai:

  1. Pakai kayu yang ujungnya dibalut kain, seterusnya ulaskan larutan sodium pada permukaan screen dalam dan luar.
  2. Biarkan sepanjang 15 menit (lebih).
  3. Pakai kertas sisa, gosokan di bagian bermotif luar dandalam.
  4. Kerjakan cara ini berkali-kali sampai bersih.

BAHAN PENGUAT (Perlindungan susunan screen)

Yang diartikan dengan bahan penguat adalah cairan yang berperan selaku perlindungan susunan obat afdruk pada screen (dalam masalah ini screen sheet). Dengan dibubuhinya obat penguat karena itu susunan chrom tidak gampang aus oleh gesekan rakel (tidak gampang dipengaruhi oleh sentuhan cat kain). Misalkan, satu gambar yang sudah jadi screen sheet berdasar pengafdrukan, bertambah lebih kuat sesudah dikasih susunan oleh bahan penguat. Dengan begitu karena itu ketahanan screen sheet terjaga dan sanggup cetak dengan jumlah banyak.

Tipe bahan penguat ada beberapa jenis, tetapi tidak semuanya sama kemampuannya. Penguat yang biasa dipakai berkenaan dengan keperluan sablon adalah:

  1. Vernis Sintetis
  2. Screen Lack
  3. Retusir Lack
  4. Ulano 6 (Screen Filter)
  5. Ulano 5/Catalist
  6. Harte Mittel T.

BAHAN TERCETAK

Bahan – bahan tercetak yang diartikan dalam masalah ini ialah seluruh bahan atau benda yang bisa diciptakan memakai tehnik bikin sablon/Saring.

Bahan Bikin Pangkalan Air

Yang diartikan dengan bahan bikin pangkalan air ialah semua bahan bikin yang mempunyai daya serap tinggi dan umumnya pencair tintanya memakai air. Tentang hal beberapa bahan itu ialah seluruh bahan tekstil, seperti kain tetoron dengan semua macamnya, kain famatex, kain drill, dan sebagainya. Demikian juga terhitung semua tipe kaos, seperti kaos Hi–kid, Pe, Tc, Bz, Misty, Jeruk, Lakos, Cotton Cardet, Cotton Combet, Cotton ML, Deadora, banner, dan sebagainya.

Bahan tekstil dan kaos umumnya diciptakan dengan tehnik screen printing, baik secara gulungan dan atau secara helaian atau mungkin dengan mesin atau dengan mekanisme manual. Dalam soal warna baik tekstil atau kaos mempunyai karakter tertentu pada tinta bikin sablon, hingga pemakaian bahan bikin harus memerhatikan warna berbahan yang akan dibuat.

SUMBER : Jasa Konveksi Sablon Jogja

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.