12/05/2021

News Digital

Digital News

Mau Masuk Kedokteran UI ? Ikut Saja Bimbel Eduthama

3 min read

Ketika kami mempunyai suatu tujuan yang ingin diraih, kudu sekali menyusun rancangan yang sadar untuk terlalu bisa mencapainya. Jangan hanya diam berpangku tangan dan meminta bahwa ada keajaiban suatu waktu mimpi kami bisa terwujud begitu saja.

Mimpi yang besar kudu usaha yang besar. Kalau kamu mempunyai cita-cita untuk kuliah di UI, kamu terhitung kudu buat persiapan beberapa langkah yang sadar untuk terjadi di jalan yang tepat menuju impianmu. Mulailah cara pertamamu dengan memilih bimbel  kedokteran UI yang tepat.

Sebelum kamu menjadi melacak area bimbel yang mempunyai program paling sesuai untukmu, coba cek pernah yuk, apa saja sih program pendidikan yang diadakan oleh UI. Supaya kamu sadar bimbel apa yang nantinya sesuai untuk kamu.

 

Apa Saja Jenjang Pendidikan yang Ada di UI?

UI membuka berbagai jenjang atau program pendidikan, mulai dari Vokasi (D3 & D4), Sarjana (Reguler, Ekstensi, Paralel, dan Kelas Internasional), serta Pascasarjana (Magister, Doktor, Profesi dan Spesialis).

1. Program Vokasi

Vokasi merupakan jenjang diploma yang bisa diikuti oleh lulusan SMA atau sederajat tanpa batasan tahun lulusan untuk pendaftaran. Jenjang pendidikan ini mempersiapkan tenaga yang ahli dan terampil serta siap kerja.

2. Program Sarjana

Untuk S1, UI membuka 4 program pendidikan, yaitu S1 Reguler, S1 Paralel, S1 Ekstensi, dan S1 Kelas Internasioanal.

  • Program S1 Reguler

S1 Reguler merupakan program pendidikan sarjana untuk lulusan SMA atau sederajat dengan batasan pendaftaran maksimal 3 tahun sejak kelulusan.

 

  • S1 Kelas Internasional

Program untuk lulusan SMA atau sederajat dengan batasan tahun kelulusan maksimal 5 tahun saat pendaftaran. Program pendidikannya sama dengan S1 Reguler dan diselenggarakan atas kerja sama Universitas Indonesia dengan mitra universitas lain di luar negeri yang punya reputasi internasional.

 

  • S1 Paralel

S1 paralel terdapat dua jenis program, yaitu untuk lulusan SMA atau sederajat tanpa batasan tahun kelulusan dan untuk lulusan D3, yang juga tanpa batasan usia ijazah.

 

  • S1 Ekstensi

Jenjang pendidikan sarjana untuk lulusan D3 yang menggunakan kurikulum yang sama dengan program S1 Reguler.

 

3. Pascasarjana

Untuk program pascasarjana, UI menyediakan program untuk S2, S3, Profesi dan Spesialis.

  • S2 (Magister)

Program pendidikan lanjutan bagi lulusan program S1. Para mahasiswa di jenjang ini akan mendapatkan pengembangan pengetahuan yang lebih mendalam dari jenjang sebelumnya.

 

  • S3 (Doktor)

Program pendidikan lanjutan untuk lulusan S2. Para mahasiswa di jenjang ini akan diarahkan untuk melakukan penelitian yang relevan dengan bidang studinya dan bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

 

  • Profesi

Program pendidikan setelah sarjana yang memerlukan persyaratan keahlian khusus

 

  • Spesialis

Program spesialis terdiri dari dua jenis, yaitu untuk pendidikan lanjutan bagi lulusan program Profesi dan program lanjutan untuk bidang Kedokteran.

 

Jadwal Penerimaan UI 2021 untuk Semua Jenjang Pendidikan

Secara garis besar, jalur masuk UI terbagi menjadi dua cara, yaitu lewat jalur prestasi atau nilai rapor dan tes tulis. Untuk jalur prestasi, seleksinya meliputi PPBK, SNMPTN dan Talent Scouting. Sementara untuk ujian tulis, tes masuknya dilakukan dengan SBMPTN dan SIMAK UI.

Untuk jadwal penerimaan masing-masing program, baik itu tanggal pendaftaran, tanggal ujian dan tanggal pengumuman tidak semuanya sama. Jadi sebaiknya kamu cek selengkapnya jadwal penerimaan UI tahun 2021 mulai dari program Vokasi hingga Spesialis di bawah ini.

Jadwal Penerimaan UI Program Vokasi, S1 Reguler dan S1 Paralel

Jadwal Penerimaan UI Program Vokasi, S1 Reguler dan S1 Paralel

 

Jadwal Penerimaan UI Kelas Internasional, S1 Ekstensi, dan Profesi

Jadwal Penerimaan UI Kelas Internasional, S1 Ekstensi, dan Profesi

 

Jadwal Penerimaan UI Program Magister, Doktor, dan Spesialis

Jadwal Penerimaan UI Program Magister, Doktor, dan Spesialis

 

Untuk kamu yang sedang mengincar program S1 Reguler dan sudah daftar SBMPTN atau bahkan sudah mengikuti ujiannya, tidak ada salahnya kalau kamu juga daftar SIMAK UI. Karena semakin banyak cara yang kamu tempuh akan semakin besar juga peluang kamu untuk lolos. Untuk tahun 2021 ini nilai UTBK diperlukan untuk pendaftaran SIMAK UI 2021. Jadi, pastikan kamu juga mengupayakan nilai yang bagus di ujian SBMPTN tahun ini.

 

Kalau kamu merasa persiapanmu di SBMPTN belum terlalu maksimal, di SIMAK nanti kamu harus mengeluarkan segenap kemampuanmu sebaik-baiknya. Berhubung pendaftaran SIMAK UI dibuka mulai tanggal 3 Mei dan ujiannya dilakukan mulai  tanggal 19 Juni 2021, masih ada cukup waktu yang kamu punya untuk sungguh-sungguh mempersiapkan diri demi mendapatkan hasil terbaik.

 

Manfaatkan waktu tersebut dengan belajar intensif di bimbingan belajar yang menawarkan program untuk target lolos SIMAK UI 2021. Kalau kamu ikut bimbel intensif SIMAK UI, kamu akan diberikan latihan soal seputar materi yang diujikan beserta pembahasannya. Itulah mengapa penting mengikuti bimbel karena kamu akan terbantu untuk lebih memahami soal yang akan diujikan pada tes yang sesungguhnya.

Akan tetapi, kamu perlu teliti memilih bimbel UI yang tepat untuk menjadi jembatanmu menyukseskan jalan menuju kampus idaman. Simak tips memilih bimbel UI yang paling pas untuk kamu di bawah ini.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.