22/10/2020

News Digital

Digital News

4 Cara Melatih Mental Anak Agar Berani

2 min read
4 Cara Melatih Mental Anak Agar Berani

Salah satu pendidikan yang sangat penting diajarkan kepada anak sejak kecil adalah pembentukan karakter. Beberapa karakter tersebut antara lain tanggung jawab, percaya diri, empati, toleransi, dan keberanian. Keberanian ini bisa berarti berani untuk menghadapi masalah, berani untuk mencoba hal baru, dan berani mengungkapkan pendapat. Berikut ini adalah beberapa cara melatih mental anak agar berani yang bisa Anda lakukan.

Cara Melatih Mental Anak Agar Menjadi Berani

  1. Memberikan kepercayaan pada anak

Jangan hanya karena masih anak-anak, orang tua tidak mau memberikan kepercayaan kepada anak. Padahal, cara ini bisa menjadi salah satu cara yang cukup baik untuk melatih mental anak. Untuk awalnya, jangan terlalu memberikan kepercayaan yang terlalu berat dan mulai dengan yang kecil terlebih dahulu seperti makan sendiri, membereskan mainan, memakai sepatu sendiri, dan lain-lain.

Cara ini juga akan menghindarkan anak dari sifat manja yang akan sangat negatif ketika sudah dewasa nanti. Anak menjadi ketergantungan dengan orang lain dan cenderung akan marah ketika orang lain tidak mau melakukan hal tersebut. Dimulai dari hal yang kecil, orang tua kemudian bisa meningkatkan kepercayaan tersebut.

  1. Mendorong anak melakukan hal baru

Selanjutnya, orang tua juga bisa mendorong anak untuk melakukan hal baru. Mengurangi risiko memang baik untuk anak-anak. Namun terlalu lama membiarkan anak berada di zona nyaman juga tidak baik. Jika hal tersebut dibiarkan sampai dewasa, anak akan takut untuk mengambil keputusan atau melakukan hal baru. Untuk melatihnya, Anda bisa mengajak anak untuk ke tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya.

Jika anak biasa diajak bermain di taman bermain, cobalah untuk sesekali mengajaknya ke tempat-tempat terbuka seperti pantai atau danau. Jika anak sering bermain di dalam rumah, cobalah mengajaknya untuk bermain permainan yang membutuhkan interaksi dengan orang lain. Secara tidak langsung hal ini juga akan membuat anak menjadi lebih berani dalam berinteraksi dengan sekitarnya.

  1. Memberikan contoh kepada anak

Cara terbaik untuk melatih anak adalah dengan memberikan contoh secara langsung. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk selalu memberikan contoh yang nantinya bisa ditiru oleh sang anak. Sebagai contoh, ketika orang tua ingin mengajarkan anak berenang, orang tua bisa masuk ke dalam air terlebih dahulu untuk meyakinkan anak bahwa air tidak begitu menakutkan.

  1. Membiarkan anak mengatasi masalah sendiri

Sesekali orang tua juga harus membiarkan anak untuk menyelesaikan masalahnya sendiri seperti bertanggung jawab dengan apa yang telah diperbuat. Hal ini akan mengajarkan anak untuk bertanggung jawab. Sebagai contoh, anak tidak sengaja menumpahkan air di gelas. Anda bisa membiarkan anak mengelap air yang tumpah dengan tetap memperhatikan apakah yang dilakukan sudah tepat.

Dengan konsisten menerapkan cara-cara di atas, mental anak semakin lama akan semakin terlatih dan akhirnya terbiasa. Hal ini sangat penting karena akan berdampak juga ketika mereka sudah dewasa.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.